Alian Butterfly Park merupakan sebuah tempat wisata edukasi berbasis penangkaran kupu-kupu yang berlokasi di desa Krakal, kecamatan Alian, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Taman berdiri di atas lahan seluas 900 m2, tidak jauh dari objek wisata Pemandian Air Panas Krakal.

Taman wisata edukasi ini digagas oleh putra asli Kebumen, yakni dokter Bambang Gunawan SpOG. Pembangunan kawasan ini hendak mensinergikan antara konservasi keanekaragaman hayati kupu-kupu, edukasi dan ekonomi.

Taman wisata dilengkapi dengan wahana taman kupu-kupu hidup, museum koleksi awetan kupu-kupu dari seluruh kepulauan nusantara dan ruang audio visual pemutaran film dokumenter. Fasilitas tersebut masih didukung dengan kandang- kandang penangkaran, baik tertutup maupun terbuka yang dibangun di atas areal seluas 30.000 m2.

Di luar areal taman kupu-kupu itu juga dikembangkan pula areal-areal konservasi kupu-kupu, terutama untuk troides helena, jenis yang dilindungi menurut Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999. Pengembangan areal konservasi ini bekerja sama dengan masyarakat pemilik lahan.

Alian Butterfly Park akan diluncurkan pada 11 Juni 2015, dan dibuka untuk umum pada 1 Juli 2015. Konsep pembangunan taman kupu-kupu ini didasarkan pada realita, di beberapa wilayah Kebumen ternyata menjadi tempat atau habitat berbagai jenis kupu-kupu. Dari hasil identifikasi, di Kebumen terdapat sekitar 175 jenis. Beberapa di antaranya merupakan jenis kupu-kupu dengan nilai keindahan tinggi, seperti troides helena, papilio memnon, dan losaria coon.

Pendirian Alian Butterfly Park ini, diharapkan menjadi wahana wisata edukasi bagi pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum. Pengunjung bisa mempelajari jenis kupu-kupu dan bagaimana proses metamorfosis kepompong menjadi kupu-kupu.

Website Ini kelola oleh Jasa Pembuatan Website Berkualitas